DRIAM riverside Manfaatkan Bambu untuk Jembatan Sampai Dapur

TEMPO.COBandung – Driam Riverside yang berlokasi di Ciwidey, Bandung, Jawa Barat, merupakan salah satu tempat rekreasi yang terbungkus kearifan lokal. General Manager Driam Riverside, Andry Suwito mengatakan tempat wisata ini mengolah kekayaan alam berupa pohon bambu yang tumbuh subur di wilayah itu.

Pohon bambu di sekitar Driam Riverside digunakan sebagai yang menghubungkan Driam Riverside dengan hutan bambu. “Saat membangun, kami mengikuti struktur tanah dan memanfaatkan sungai sebagai bagian dari Driam,” kata Andry Suwito kepada Tempo, Senin 9 Desember 2019.

Kegunaan pohon bambu juga sampai ke dapur dengan menu spesial dari restoran Driam berupa nasi bumbu di dalam bambu. Salah seorang pengunjung yang menikmati nasi bumbu, Ika E. Sowadji mengatakan nasi tersebut begitu lezat. “Bumbunya meresap sampai butiran nasi,” ucap Ika E. Sowadji.

Seorang penduduk yang bekerja di Driam Riverside Ciwidey, Agus Sukandar, 28 tahun, mengatakan betah bekerja di sana karena dekat dari rumah. “Hanya lima menit naik sepeda motor,” kata Agus yang menjabat sebagai marketing.

Andry Suwito mengatakan, pada malam pergantian tahun nanti, di sana akan ada pertunjukan kesenian tradisional yang melibatkan penduduk sekitar. “Kami mengadakan kesenian perkusi Sunda yang senimannya adalah warga di sekitar sini,” ucap dia.

Kesenian tradisional Sunda, tentunya lagi-lagi memanfaatkan bambu sebagai alat musiknya. Alunan seruling dan angklung yang menjadi perangkat wajib turut menemani para tamu yang menghabiskan malam pergantian tahun dari 2019 ke 2020.

DAHLIA RERA


Tulisan Asli Dimuat di : https://travel.tempo.co/read/1285054/driam-riverside-manfaatkan-bambu-untuk-jembatan-sampai-dapur/full&view=ok

Credit Tulisan Oleh : Dahlia Rera

Credit Photo Oleh : Fajar Dwi Aryanto